Android 10

Android 10

Android 10 adalah rilis besar kesepuluh dari sistem operasi Android, dan itu adalah versi ke-17. Android 10 telah dikembangkan dengan nama kode "Android Q". Google awalnya mengumumkannya pada 13 Maret 2019. Versi beta pertama Android 10 dirilis pada hari yang sama. Versi beta keduanya dirilis pada 3 April 2019.

Pada 3 September 2019, versi stabil Android 10 dirilis. Ini berisi fitur seperti izin baru untuk mengakses lokasi di latar belakang, panel pengaturan mengambang, dukungan untuk codec video AV1, dukungan untuk otentikasi biometrik, keamanan Wi-Fi WPA3.


Fitur Android 10

Ada berbagai fitur baru yang ditambahkan ke versi Android 10. Beberapa fitur adalah sebagai berikut :

  • Aplikasi file yang ditingkatkan
  • Berbagi Wi-Fi melalui kode QR
  • Privasi dan keamanan
  • Platform
  • Keterangan langsung
  • Balasan cerdas
  • Amplifier Suara
  • Navigasi Gerakan
  • Tema gelap
  • Kontrol lokasi
  • Pembaruan keamanan
  • Mode Fokus
  • Keluarga Link


# Aplikasi file yang ditingkatkan

Aplikasi File Google sebelumnya tidak berisi urusan on-filler, dan tidak memiliki pintasan di laci aplikasi. Namun, Android 10 memiliki aplikasi File yang ditingkatkan pada pintasan; ini juga menawarkan bilah pencarian universal di bagian atas, UI terbalik, dan akses cepat ke aplikasi lain.

# Berbagi Wi-Fi melalui kode QR

Google mengadopsi fitur untuk berbagi kredensial Wi-Fi melalui kode QR. Fungsi ini telah terlihat di smartphone Huawei dan Xiaomi untuk waktu yang lama. Fitur ini mudah digunakan; Anda dapat mengetuk koneksi Wi-Fi dan mengklik tombol bagikan. Setelah itu, autentikasi Wi-Fi dengan kata sandi ponsel atau sidik jari. Anda akan melihat kode QR, dan perangkat teman Anda perlu memindai kode QR ini untuk mencapai akses.

# Privasi dan keamanan

Ada banyak privasi yang signifikan, dan perubahan keamanan diperkenalkan di Android 10. Pengguna dapat membatasi aplikasi untuk mengakses lokasi saat mereka aktif di latar depan. Izin akses penyimpanan juga diubah di Android 10, yang dikenal sebagai "Scoped storage". Izin ini memungkinkan mengakses file penyimpanan eksternal saja.

# Platform

Android 10 mendukung teknik protokol enkripsi WPA3. Teknik enkripsi ini menyediakan enkripsi yang kuat untuk Wi-Fi. Pada saat yang sama, Android 10 juga mendukung Dual-SIM dual-standby (DSDS). DSDS pertama awalnya tersedia di Pixel 3a dan Pixel 3a XL.

# Keterangan langsung

Dengan satu ketukan, teks langsung secara otomatis menambahkan subtitle ke podcast, pesan audio, dan video, bahkan hal-hal yang Anda rekam sendiri. Teks real-time dibuat menggunakan pembelajaran mesin pada perangkat, dan akan tiba ketika pidato terdeteksi.

# Balasan cerdas

Di Android 10, Anda mendapatkan respons yang disarankan dan terkadang lebih ke pesan Anda. Anda juga dapat menerima tindakan yang disarankan untuk itu. Misalnya, jika teman Anda meminta tumpangan, telepon Anda akan menyarankan Anda mengirim sms "Android 10". Ini juga menampilkan petunjuk arah yang benar di Google Maps.

# Amplifier Suara

Menggunakan amplifier suara, ponsel Android 10 menyaring kebisingan latar belakang, menyempurnakan cara Anda mendengar yang terbaik. Anda dapat mendengarkan lebih jelas kepada teman-teman Anda, mendengarkan kuliah, menonton TV dengan mencolokkan headphone Anda.

# Navigasi Gerakan

Android 10 memiliki navigasi gerakan, yang lebih bijaksana dan lebih cepat dari sebelumnya. Anda dapat bergerak maju dan mundur, menggesek ke atas untuk melihat aplikasi yang terbuka, dan menarik layar awal. Semua kegiatan ini dapat dilakukan dengan super halus.

# Tema gelap

Fitur tema gelap sedang diminta untuk waktu yang lama. Akhirnya, tema gelap ditambahkan ke Android 10. Fungsi ini akan menjadi aktif ketika Anda mengaktifkan opsi penghemat baterai, atau dapat diaktifkan melalui pengaturan ubin cepat. Mode gelap juga memengaruhi foto, podcast Google, dan penelusuran. Mode gelap tentu saja merupakan salah satu fitur perangkat Android 10 yang paling terkenal.

# Kontrol privasi

Menggunakan Android 10, Anda dapat mengontrol privasi. Itu karena Anda mendapatkan kontrol baru yang lebih cerdas menggunakan mana Anda dapat memutuskan kapan dan bagaimana data perangkat Anda dibagikan. Jadi, perangkat melakukan tugas, dan Anda akan beristirahat.

# Pembaruan keamanan

Ponsel Android sudah menerima pembaruan keamanan reguler. Namun, di Android 10, Anda akan menerimanya lebih mudah dan lebih cepat dengan bantuan sistem Google Play. Pembaruan, perbaikan privasi, dan keamanan penting dapat langsung dikirim ke ponsel Anda dari Google Play. Dengan cara yang sama, aplikasi Anda yang lain juga mendapatkan pembaruan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Android 10"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel