Apa itu Android Pay?

Android Pay

Di dunia nyata, orang membayar barang dan jasa menggunakan smartphone mereka. Hal ini disebabkan oleh layanan pembayaran mobile. Salah satu opsinya adalah Android Pay yang dikembangkan oleh Google, dan dapat digunakan di smartphone Android dan smartwatch berbasis Android Wear.

Android Pay

Apa itu Android Pay?

Android Pay pertama kali diluncurkan oleh Google pada tahun 2015 di konferensi pengembang I/O dan secara resmi diumumkan dalam beberapa tahun kemudian pada tanggal 11 September 2015, di AS Android Pay adalah sistem pembayaran yang sepenuhnya mobile dan dirancang untuk orang-orang untuk membeli barang dan jasa secara online di dunia nyata.

Android Pay telah berkembang dari bank dan lembaga keuangan lainnya di berbagai negara seperti Inggris, Kanada, Irlandia, Polandia, Singapura, Australia, Hong Kong, Taiwan, Belgia, Jepang, Rusia, dan Selandia Baru.


Baru-baru ini Google meluncurkan layanan pembayaran terpisah yang disebut Google Tez (Google Pay), memiliki pasar yang besar di India. Ini telah bekerja dengan pemerintah India Unified Payment Interface (UPI) untuk transaksi mobile.


Bagaimana cara kerja Android pay?

Sistem pembayaran Google menggunakan teknologi near field communication (NFC) pada smartphone dan smartwatch yang didukung. Pengguna menyimpan informasi kartu debit atau kredit mereka di akun Android Pay mereka.

Ketika pengguna ingin membayar barang atau jasa, ia mengambil ponsel atau jam tangan dan menempatkannya di dekat terminal point-of-sale (POS) pengecer. Sinyal mengirim informasi pembayaran dari telepon atau jam tangan ke terminal POS melalui perangkat keras NFC.


Cara menyiapkan Android Pay di ponsel

Jika Anda ingin menggunakan Android Pay di smartphone Anda dan bank atau lembaga keuangan Anda mendukungnya, maka cukup mudah untuk mengaturnya. Anda dapat mengunduh formulir aplikasi Android Pay Google Play Store di tautan ini klik di sini.

Setelah Anda menginstal aplikasi, ketuk aplikasi, dan tekan tanda "+" untuk menambahkan kartu debit atau kredit bank yang didukung. Terkadang banyak pengguna melihat kartu debit atau kredit mereka sudah tersedia di aplikasi Android Pay. Hal ini karena mereka menggunakannya untuk membeli item melalui Google di masa lalu.


Cara menyiapkan Android Pay di smartwatch

Jika smartwatch Anda telah menginstal Android Wear 2.0, Anda dapat menyiapkannya untuk membayar barang dan jasa melalui aplikasi Android Pay. Setelah Anda menyiapkan Android Pay di smartwatch Anda, dan kemudian tekan di atasnya, dan itu akan menawarkan pilihan untuk menambahkan kartu baru dan mengarahkan Anda untuk menggunakan ponsel Anda. Masukkan keamanan, kode dan harus tersedia untuk digunakan pada smartwatch Anda.

Seberapa aman Android Pay?

Saat Anda menggunakan ponsel atau jam tangan untuk mengirim pembayaran menggunakan aplikasi Android Pay ke terminal NFC, nomor 16 digit yang dihasilkan secara acak akan dikirim, bukan info dan kartu pribadi Anda. Ini berarti jika terminal atau toko yang Anda gunakan diretas, informasi keuangan Anda harus aman.

Satu hal lagi adalah bahwa nomor acak yang dihasilkan disimpan di server cloud, bukan di ponsel Anda untuk perlindungan lebih. Akhirnya, pembayaran hanya dikirim jika ponsel Anda berfungsi dan tidak terkunci. Jika telepon terkunci dan tidak digunakan, akun Anda harus aman.


Di mana Android Pay didukung dan bank apa yang menggunakannya?

Seperti yang kami sebutkan di atas, Android Pay tersedia di banyak negara, termasuk As, Inggris, Irlandia, Kanada, Singapura, Polandia, Australia, Jepang, Rusia, Hong Kong, Taiwan, Belgia, dan Selandia Baru. Lebih banyak negara lain berencana untuk menambahkan layanan ini di masa depan.

Berikut adalah daftar bank dan lembaga keuangan saat ini yang mendukung Android Pay untuk setiap negara. Perlu diingat daftar ini terus berubah dan berkembang. Jadi, jika bank Anda tidak ada dalam daftar ini, ada kemungkinan bahwa itu akan ditambahkan di beberapa titik di masa depan.

Klik di sini untuk daftar lengkap bank.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apa itu Android Pay?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel