Android Pie

Android Pie

Android Pie (Android 9) adalah rilis utama kesembilan, dan ini adalah versi ke-16 dari sistem operasi Android. Nama kodenya selama pengembangan memiliki Android P. Android Pie pertama kali dirilis pada 7 Maret 2018, sebagai pratinjau pengembang, dan dirilis secara publik pada 6 Agustus 2018.


Riwayat Android Pie

Android Pie juga dikenal sebagai Android P, dan pertama kali diumumkan pada 7 Maret 2018, oleh Google. Pratinjau kedua (kualitas beta) dan ketiga (Beta 2) masing-masing dirilis pada 8 Mei 2018, dan 6 Juni 2018. Pratinjau keempat (Beta 3) dirilis pada 2 Juli 2018. Pratinjau terakhir dirilis pada 25 Juli 2018.

Versi terakhir Android Pie diumumkan pada 6 Agustus 2018, dengan judul "Pie". Android Pie pertama kali diperbarui di perangkat Android pihak ketiga yang dikenal sebagai Essential Phone (smartphone android).


Fitur Android Pie

  • Masa pakai baterai adaptif
  • Kecerahan adaptif
  • Tindakan aplikasi
  • Perubahan navigasi
  • Penggeser volume dan rotasi layar tetap


# Masa pakai baterai adaptif

Android Pie telah dirancang untuk memberi Anda baterai yang lebih konsisten dengan menggunakan pembelajaran mesin di perangkat. Ini mencari tahu aplikasi mana yang Anda gunakan dalam beberapa jam ke depan.

Google bermitra dengan Deep Mind menyempurnakan algoritme deep learning-nya, dan memiliki upaya besar pada masa pakai baterai Android.


# Kecerahan adaptif

Menurut Google, setelan kecerahan otomatis saat ini tidak cukup baik; itulah sebabnya ia memberi pembuat ponsel lebih hemat daya untuk menangani kecerahan layar berdasarkan lingkungan.

 

# Tindakan aplikasi

Google memasukkan lebih banyak alat prediksi ke dalam laci aplikasinya. Sebelumnya, Anda akan melihat deretan aplikasi yang diprediksi berdasarkan riwayat penggunaan.

Android Pie selangkah lebih maju dengan tindakan aplikasi yang memprediksi apa yang akan Anda lakukan selanjutnya, dan pintasannya duduk berturut-turut di kanan-bawah ikon aplikasi yang diprediksi. Hal ini sama seperti Android Pie membaca pikiran Anda.


# Perubahan navigasi

Android Pie memiliki antarmuka navigasi baru untuk melakukan multi-tasking lebih mudah, dengan satu tombol home bersih. Hal ini sangat mirip dengan iPhone X horizontal bar.

Anda dapat menggesek ke atas dari bawah di sistem operasi untuk melihat aplikasi terbuka terbaru serta lima aplikasi yang diprediksi di bagian bawah layar untuk menghemat waktu Anda.

Android Pie memungkinkan Anda menggulir semua aplikasi dengan sangat cepat dengan menggeser ke kanan dan ke kiri dengan bilah horizontal di bagian bawah.


# Penggeser volume dan rotasi layar tetap

Penggeser volume dipindahkan di Android Pie. Kali ini pergi ke sisi kanan dekat volume rocker. Menekan tombol volume di Android Pie menyesuaikan volume media alih-alih terkadang mengontrol volume dering. Dering dapat diaktifkan dan dimatikan melalui tombol toggle saat Anda menyesuaikan volume.

Anda juga dapat mengontrol orientasi layar secara manual. Hal ini dilakukan melalui ikon pop-up yang muncul ketika Anda memutar layar.


# Android Pie vs. Android Oreo: Keamanan

Android Pie terbaru hadir dengan beberapa keamanan tambahan, yang tidak tersedia dalam versi Oreo sebelumnya. Perusahaan telah mengklaim bahwa aplikasi latar belakang tidak akan memiliki akses mikrofon dan kamera, itu pasti akan melindungi privasi pengguna.

Ketika aplikasi latar belakang menggunakan mikrofon atau kamera, OS akan memberi tahu pengguna melalui pemberitahuan.


# Mode Gelap yang Dapat Dipilih

Android Oreo menyertakan mode gelap, tetapi sistem secara otomatis memutuskan apakah akan mengaktifkannya berdasarkan wallpaper Anda. Sekarang, di Android Pie, Anda dapat memilih sendiri di Setting > System > Display > Advance > Device theme.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Android Pie"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel