Android Nougat

Android Nougat

Android "Nougat" adalah versi utama ketujuh dan perubahan besar ke-14 dalam sistem operasi Android. Versi ini diberi nama kode sebagai Android N selama pengembangan. Versi alpha test pertamanya dirilis pada 9 Maret 2016, dan secara resmi dirilis pada 22 Agustus 2016. LG V20 adalah perangkat pertama yang dirilis dengan Nougat.

Android Nougat memperkenalkan perubahan penting pada platform pengembangan dan sistem operasinya. Ini menampilkan beberapa aplikasi di layar sekaligus dalam tampilan layar terpisah. Ini juga mendukung balasan inline untuk pemberitahuan dan memperluas mode hemat daya "Doze".


Sejarah Android Nougat

Awalnya, Android Nougat diberi kode sebagai "New York Cheesecake". Google merilis versi alpha pertama Android "N" pada 9 Maret 2016. Build pratinjau pengembang hanya kompatibel dengan perangkat Google Nexus saat ini seperti 5X, 6P, 6, 9, Pixel C, dan Nexus Player.

Android "N" Beta preview 2 dirilis pada 13 April 2016. Beta Preview 3, dirilis pada 18 Mei 2016, memperkenalkan platform realitas virtual baru yang disebut Daydream. Pada tanggal 15 Juni 2016, Beta Preview 4 dirilis, dan Google mengumumkan nama versi N yang disebut sebagai "Nougat". Nougat akan menjadi versi 7.0 dari Android.

Beta Preview 5 dirilis pada 18 Juli 2016. Android 7.0 secara resmi dirilis pada 22 Agustus 2016, dengan Nexus 6, 5X, 6P, 9, Nexus Player, Pixel C adalah perangkat pertama Android Nougat.


Fitur Android Nougat

Ada beberapa fitur baru yang ditambahkan ke Android Nougat. Beberapa dari mereka adalah :

  • Chrome layar terpisah
  • Menghapus semua aplikasi dalam multitasking
  • Pengaturan cepat pihak ketiga
  • Sumber penginstalan aplikasi
  • Peralihan aplikasi cepat
  • Penghemat data


# Chrome layar terpisah

Android 7.0 menyediakan fasilitas untuk membagi layar menjadi dua tab. Browser Chrome memfasilitasi Anda untuk menjalankan dua tab yang berbeda di layar sekaligus. Untuk menjalankan dua halaman web yang berbeda di layar terpisah, buka Chrome, dan pastikan Anda akan membuka daftar dua tab. Untuk meluncurkan mode layar terpisah, Anda perlu menekan lama tombol ikhtisar Android.

# Menghapus semua aplikasi dalam multitasking

Terkadang Anda perlu memulai dari awal di layar ikhtisar Anda; Anda akan perlu untuk menutup semua aplikasi yang terbuka.

# Pengaturan cepat pihak ketiga

Semua ponsel dan tablet yang menjalankan Android 7.0 termasuk panel pengaturan cepat menyesuaikan. Anda juga dapat menggunakan setelan pihak ketiga di perangkat apa pun. Untuk menemukan panel pengaturan cepat, jika ada, ketuk tombol edit (terlihat seperti pensil).

# Sumber penginstalan aplikasi

Google secara bertahap membaca informasi yang tersedia di antarmuka setelan aplikasi Anda. Nougat menambahkan fitur yang dapat Anda lihat dari mana aplikasi berasal: Google Play atau APK yang dimuat di samping.

Untuk menemukan informasi ini, buka pengaturan sistem Anda dan pilih "Apps". Pilih aplikasi apa pun dari daftar dan gulir ke bawah layar info. Ini akan menampilkan "App diinstal dari Google Play Store" atau "App install from Package installer".


# Peralihan aplikasi cepat

Android 7.0 menawarkan cara baru yang lebih cepat untuk membalik antar aplikasi. Jika Anda ingin kembali ke aplikasi terakhir yang Anda buka, Anda tidak perlu mengetuk kartu di layar ikhtisar. Cukup klik dua kali pada tombol ikhtisar, dan Anda akan beralih ke aplikasi terakhir. Lakukan hal yang sama, dan Anda akan kembali ke aplikasi yang baru saja Anda tinggalkan.

 

# Penghemat data

Sebagian besar dari kita menggunakan paket data seluler; Android 7.0 menambahkan fitur baru yang membantu Anda tetap berada di bawah paket. Namanya Adalah Penghemat Data yang tersedia di semua ponsel Nougat di bawah menu pengaturan "Penggunaan Data". Ini mencegah aplikasi menggunakan data seluler di latar belakang. Cukup aktifkan, dan satu-satunya aplikasi aktif yang akan menggunakan data seluler.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Android Nougat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Bawah Artikel